RS Pelni Tempoe DoeloePada tahun 1913, KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappi) memutuskan mendirikan RS sendiri dengan kapasitas 150 tempat tidur, bagi perawatan pegawai perusahaan KPM dan buruh kapal. Kompleks gedung RS dirancang oleh arsitek F. J. L. Ghysels seorang insinyur sipil, pada tahun 1914.

Peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan dilakukan pada pertengahan tahun 1914 dengan kontraktor F. Stoltz, meliputi luas lantai 7.754 m2 di atas area tanah seluas 30.000 m2. Informasi tentang peresmian RS KPM pada tanggal 21 April 1918, selanjutnya dipakai sebagai dasar untuk menentukan Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Pelni.

KPM Hospital didirikan dengan maksud untuk merawat perwira-perwira (pelaut) KPM yang menderita penyakit kelamin dan TBC. Kemudian fungsi RS dikembangkan menjadi RS Umum, khusus untuk pelayanan kesehatan bagi karyawan KPM beserta keluarganya.

Pada tanggal 3 Desember 1957 terjadi pengambil alihan KPM Hospital oleh pegawai KPM, dan selanjutnya pengelolaannya diserahkan kepada P.N. PELNI. Rumah Sakit Pelni diberikan pengelolaan secara otonom oleh P. N. Pelni berdasarkan Surat keputusan Direktur Utama P.N. Pelni No. B/16/1972 Tanggal 1 April 1972.

Agar masyarakat tidak berpendapat seakan-akan Rumah Sakit Pelni hanya untuk pegawai Pelni beserta keluarganya dan dalam rangka swakelola perlu dipikirkan bagaimana cara untuk “memasyarakatkan dan memasarkan” Rumah Sakit Pelni. Untuk maksud inilah kemudian Rumah Sakit Pelni pada tanggal 21 April 1975 pada pertama kalinya memperingati HUT, nama Rumah Sakit Pelni berganti nama menjadi Rumah Sakit Pelni Petamburan, mengingat lokasi Rumah Sakit Pelni berada di daerah Petamburan.

Babak baru sejarah Rumah Sakit Pelni dimulai dengan dikeluarkannya surat izin pemisahan dari Menteri Negara BUMN No. S-743/MBU/2007 tanggal 31 Oktober 2007, maka status Rumah Sakit berubah dari Usaha Sampingan menjadi Anak Perusahaan dari PT Pelni dan Yayasan Kesehatan Pensiunan Pelni. Dengan demikian Rumah Sakit Pelni “Petamburan” berubah nama menjadi PT Rumah Sakit Pelni dengan Logo baru disertai Mars Rumah Sakit Pelni.

PT Rumah Sakit Pelni merupakan usaha di bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan. Rumah Sakit Pelni dengan kapasitas tempat tidur mencapai 355 buah dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang menunjang yang dilaksanakan oleh sumber daya manusia yang handal dan profesional, antara lain tenaga dokter spesialis, subspesialis serta profesional lain yang terlatih.

Sarana bangunan Rawat Jalan dan Rawat Inap dengan konsep “Your Trusted Partner In Healthcare”, tentunya akan memberikan kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu, kami tingkatkan sesuai harapan sehingga sebagai pilihan masyarakat untuk mendapatkan peleyanan kesehatan di Rumah Sakit Pelni.