Cathlab

LAYANAN KAMI

Catheterization laboratory (Cathlab)- Merupakan fasilitas diagnostik intervensi dibidang pelayanan penyakit jantung. Terletak di area Diagnostik And Intervetion center yang dilengkapi dengan peralatan yang canggih dan modern dengan pelayanan profesional, terintegrasi dan terencana dengan baik. Ruang Cathlab yang didesain senyaman mungkin untuk pasien dan keluarga ini melayani berbagai macam nasabah baik pribadi, perusahaan, asuransi maupu pasien-pasien dengan jaminan BPJS.

Kami memulai pelayanan kateterisasi Jantung, Otak dan Pembuluh Darah tindakan diagnostik dan intervensi di bulan Desember tahun 2015. Kami sudah mampu untuk memberikan layanan primary PCI 24 jam 7 hari dalam seminggu. 

Tindakan yang dapat dilakukan di Rumah Sakit PELNI, sebagai berikut :

CAG (Coronary Angiography)
Suatu tindakan minimal invasive menggunakan sinar X-Ray dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah arteri (tangan/paha) sampai mencapai pembuluh darah koroner, dengan memberikan zat kontras untuk menfoto secara langsung pembuluh darah koroner. Tujuan dari tindakan ini adalah untuk melihat berapa persen sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah jantung.

PCI (Percutaneus Coronary Intervention)
Suatu tindakan yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah jantung yang tersumbat dengan menggunakan balloon atau stent sehingga aliran darah ke otot jantung dapat kembali lancar.

TPM & PPM
Secara garis besar pacu jantung (pacemaker) dapat dibagi menjadi pacu jantung sementara (TPM, kurang dari 30 hari) atau menetap (PPM), bergantung pada gangguan yang timbul apakah sementara atau menetap. Pada keadaan akut yang belum pasti biasanya dipasang dulu TPM, sedang pada keadaan tertentu yang sudah pasti, langsung dipasang PPM.

Tapping Pericard (Pericardiosintesis)
Pericardiocentesis adalah prosedur yang dilakukan untuk mengeluarkan cairan dari ruang perikardium dengan menggunakan jarum. Prosedur ini dilakukan pada pasien yang mengalami tamponade jantung yang terjadi akibat adanya tekanan yang sangat kuat pada jantung.

Ablasi Jantung
Ablasi jantung yang juga dikenal dengan nama ablasi kateter atau ablasi radiofrekuensi merupakan sebuah prosedur medis yang dilakukan untuk mengatasi masalah ritme jantung abnormal atau aritmia jantung ketika penanganan dengan obat sudah tidak efektif lagi.

Kateterisasi jantung
Prosedur yang bertujuan untuk mendeteksi dan mengatasi berbagai penyakit jantung bawaan dengan mengukur kadar oksigen dalam jantung, mengukur tekanan dalam ruang jantung.

Transcatheter PDA (Patent ductus arteriosus ) Closure
Prosedur penutupan lubang pada Patent ductus arteriosus (PDA) dimana PDA adalah suatu kondisi ketika pembuluh darah yang menghubungkan aorta dan arteri paru tetap terbuka setelah bayi lahir. PDA merupakan jenis kelainan jantung bawaan yang biasanya dialami oleh bayi prematur.

Transcatheter ASD (Atrial Septal Defect) Closure
Prosedur penutupan lubang pada ASD (Atrial Septal Defect) dimana ASD adalah kondisi kelainan bawaan berupa lubang atau celah pada dinding pemisah antara dua atrium jantung

Transcatheter VSD (Ventriculsr Septal Defect) Closure
Prosedur penutupan lubang pada VSD (Ventricular Septal Defect) dimana VSD adalah kondisi kelainan bawaan berupa lubang atau celah pada dinding pemisah antara dua ventrikel jantung

Cerebral Angiography / DSA
Suatu prosedur yang melibatkan pencitraan sinar-X untuk menghasilkan gambar pembuluh darah otak. Dalam prosedur ini, akan disuntikkan zat pewarna kontras terlebih dahulu ke dalam tubuh pasien. Zat ini akan membantu dalam menghasilkan gambar pembuluh darah yang lebih jelas. Dengan ini, kelainan atau sumbatan pada pembuluh darah dapat diidentifikasi.

Carotid/Vertebral Stenting /Angioplasty
Suatu prosedur terapi dengan mengunakan perangkat stent atau balon yang bertujuan untuk melebarkan dinding pembuluh darah Arteri Karotis maupun Verterbral, baik di Interna atau Ekxtracranial

Embolisasi
Embolisasi merupakan tindakan dimana dokter akan memasukan kateter pada arteri, kemudian memasukkan zat khusus yang berfungsi untuk menghambat dan mengurangi aliran darah ke arteri dan vena yang mengalami malformasi.

Coiling
Coiling merupakan metode yang digunakan untuk menangani kasus aneurisma. Coiling adalah metode kateterisasi melalui pembuluh darah untuk menyematkan kumparan serat logam yang sangat halus pada gelembung aneurisma. Kumparan akan menyumbat aliran darah sehingga darah tidak akan mengalir pada gelembung.

Peripheral transluminal angiopasty (PTA)
adalah suatu tindakan pelebaran pembuluh darah vena atau arteri, bsik di tangan ataupu di kaki, yang mengalami penyempitan (stenosis) dengan menggunakan balloon kateter.

EVLA (Endovenous Laser Ablation)
Merupakan sebuah metode baru pada pengobatan varises yang menggunakan laser sebagai modalitas utama. Metode ini memanfaatkan energi laser untuk membakar dinding pembuluh vena yang telah rusak dan selanjutnya tubuh akan menyerap secara alami jaringan yang telah dihancurkan.

CDL (Catheter Double Lumen) Longterm
Pemasangan CDL adalah suatu teknik membuat akses dengan cara memasukkan kateter ke vena central melalui ara leher, dada atau lipatan paha, yang nantinya ujung kateter berada dilauar tubuh dalam posisi 2 cabang dengan bantuan fluroscopy.

TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair)
TEVAR adalah prosedur medis untuk menangani masalah aorta. Salah satunya aneurisma pada aorta bagian atas (torakalis). Aneurisma terjadi ketika dinding aorta melemah dan melebar atau menggembung seperti balon. Tekanan darah yang melewati pembuluh nadi yang lemah ini bisa membuatnya robek hingga mengancam nyawa karena dapat terjadi perdarahan. TEVAR juga bisa menjadi cara untuk menangani diseksi aorta (terpisahnya lapisan aorta), stenosis (penyempitan aorta), dan transaksi (luka pada aorta karena trauma atau kecelakaan).

EVAR (Endovascular Aneurysm Repair)
EVAR adalah salah satu produser endovaskular yang digunakan pada kasus Aneurisma Aorta Abdominal (AAA). Teknik EVAR adalah dengan cara memasukkan alat pengganti aorta yang mengalami kerusakan. Alat tersebut berupa stent graft (cangkok) yang dapat menjalankan peran aorta mengalirkan darah terutama ke area perut dan kedua kaki.

Pemasangan Vena Cava Filter
Pasien yang mengalami pembekuan darah di tungkai bagian bawah akan dilakukan pemasangan filter vena-cava. Prosedur dalam pemasangan filter vena-cava bertujuan untuk mencegah kematian, apabila pembengkuan darah ini terlepas dan masuk ke jantung maka pasien akan meninggal secara tiba-tiba.

Chemoport
Chemoport atau sering pula disebut sebagai mediport atau cancer port adalah sebuah perangkat yang digunakan sebagai akses pembuluh darah bagi para penyandang penyakit kanker yang menjalani kemoterapi. Perangkat tersebut dipasang melalui cara pembedahan dengan ditanamkan ke bawah kulit pasien. Chemoport memiliki selang khusus untuk tempat penyaluran obat-obat kemoterapi secara langsung pada pembuluh darah yang besar.

IPM (Intervention Pain Management)
Manajemen intervensi nyeri atau Interventional Pain Management adalah suatu tindakan minimal invasif yang dilakukan untuk mengobati nyeri akut dan kronik secara jangka panjang atau permanen, dengan cara memasukkan obat, zat, atau alat tertentu ke dalam struktur tubuh atau bagian tubuh tertentu yang menjadi sumber nyeri. Selanjutnya, memblok saraf yang merupakan bagian dari mekanisme perjalanan nyeri secara tepat sasaran menggunakan alat pemandu seperti ultrasonografi, fluoroskopi, C-Arm, dan alat penunjang lainnya.

PLDD (Percutaneous Laser Disc Decompressions)
PLDD adalah tindakan invasif minimal dengan menusukkan jarum ke kulit yang ditujukan ke disk kemudian diberi suatu energi dari alat laser yang memberi dampak mengecilnya atau mengerutnya disk tersebut sehingga jepitan saraf terbebas.

Radio Frekuensi
Merupakan salah satu tindakan yang dilakukan untuk penanganan nyeri akut dan kronis. Tindakan tanpa pembedahan ini minimal invasif, dilakukan dengan cara menyuntikkan jarum khusus yang dapat menghantarkan listrik. Aliran listrik radiofrekuensi akan menghasilkan gelombang khusus dan panas yang menumpulkan rasa nyeri di jaringan saraf sehingga mengurangi sinyal nyeri dari sumber penyebab nyeri.

TACE (Trans Arterial Chemo Embolization)
prosedur invasif minimal yang dilakukan dalam radiologi intervensi untuk membatasi suplai darah tumor. Partikel emboli kecil yang dilapisi dengan obat kemoterapi disuntikkan secara selektif melalui kateter ke dalam arteri yang secara langsung memasok tumor. Partikel-partikel ini memblokir suplai darah dan menginduksi toksisitas sito, menyerang tumor dengan beberapa cara.

TACI (Trans Arterial Chemo Infution)
Tindakan memasukkan obat kemoterapi (obat kanker) ke dalam pembuluh darah yang memberi makan sel tumor, bisa sekaligus dengan atau tanpa zat penyumbat.

 

Secara garis besar pengelompokan tindakan Cathlab sebagai berikut :

Jantung Dewasa

  • CAG
  • PCI (Primary PCI)
  • TPM (Temporary Pace Maker)
  • PPM (Permanent Pace Maker)
  • Tapping Pericard (Pericardiosintesis)
  • Ablasi Jantung

 

Jantung Anak

  • Kateterisasi Jantung (mengukur tekanan dan saturasi ruang-ruang jantung)
  • Transcatheter ASD (Atrial Septal Defect) Closure
  • Transcatheter VSD (Ventricular Septal Defect) Closure
  • Transcatheter PDA (Patent Ductus Arteriosus) Closure
  • BAS (Balloon atrial septostomy )

 

Pembuluh Darah Otak (Neurovaskuler)

  • Angiografi cerebral (DSA Cerebral)
  • Carotid/Vertebral/Intra-Extracranial Stenting
  • Carotid/Vertebral/Intra-Extracranial Angioplasty
  • Embolisasi
  • Coiling

 

Pain Management

  • IPM (Intervention Pain Management)
  • PLDD (Percutaneous Laser Disc Decompressions)
  • Pulsed Radiofrequency

 

Tindakan Vaskuler

  • Venografi-Venoplasty / PTA
  • Angiografi-Angioplasty / PTA
  • EVLA (Endovenous Laser Ablation)
  • CDL (Catheter Double Lumen) Longterm
  • TEVAR (Thoracic Endovascular Aortic Repair)
  • EVAR (Endovascular Aneurysm Repair)
  • Pemasangan Vena Cava Filter
  • Trombektomi
  • Chemoport

 

Intervensi Radiologi

  • TACE (Trans aterial Chemo Embolization)
  • TACI (Transarterial Chemo Infution)
  • Embolisasi

 

Tindakan dilakukan oleh dokter spesialis yang ahli dibidang jantung dan pembuluh darah serta perawat yang terampil dan handal di bidang catheterization Jantung. Untuk mengetahui lebih dalam ataupun ada pertanyaan yang ingin disampaikan mengenai Cathlab Rumah Sakit PELNI dapat menghubungi (021) 5480608 atau (021) 5306901 ext. 1229 atau 1664