Seputar Kanker Pada Anak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, halo sobat IHC.

Perkenalkan, saya dr. Aulia Fitri Swity dokter anak konsultan hemato onkologi yang berpraktik di rumah Sakit PELNI Jakarta.

Apakah pengobatan kanker pada anak dapat mengganggu pertumbuhan anak?

Seorang anak yang mendapatkan terapi kanker, tentunya dapat mengalami berbagai gangguan pertumbuhan. Hal itu diakibatkan oleh berbagai faktor, misalnya pasien yang menjalani kemoterapi, bisa saja dia menjalani kemoterapi di rumah sakit sehingga aktivitas si anak akan terhambat, dia tidak dapat bermain seperti anak-anak seusianya. Kemudian faktor yang lainnya adalah obat-obatan kemoterapi itu sendiri yang dapat memberikan efek samping pada tumbuh kembangnya anak, misalnya ada obat-obat yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, ada obat-obat yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung, juga kebanyakan obat-obat kemoterapi dapat mengakibatkan si anak mual dan muntah sehingga mungkin berat badannya akan terganggu.

Apa faktro terbesar penyebab kanker pada anak?

Penyebabnya adalah mutasi genetik, namun kita belum mengetahui apa penyebab mutasi genetik tersebut secara pasti. Kita dapat menghindari kejadian mutasi genetik itu tentunya dengan menerapkan pola hidup dan juga pola makan yang sehat buat anak.

Berapa usia minimal anak untuk bisa melakukan metode kemoterapi.radioterapi?

Tentu saja dia membutuhkan kemoterapi sedini mungkin, namun apabila seorang anak membutuhkan radiasi, biasanya kita tidak merekomendasikan radiasi sebelum anak tersebut berusia lebih dari 3 tahun.

Apakah kanker pada anak lebih sulit disembuhkan daripada kanker pada orang dewasa?

Apabila kanker itu didapatkan pada stasium awal, tentunya hal ini dapat memberikan kesembuhan yang lebih tinggi, secara umum, justru kanker pada anak itu memiliki prognosis yang lebih baik dibandingkan dengan kanker pada orang dewasa.

Bagi ayah bunda yang saat ini sedang berjuang bersama si kecil menghadapi kanker, maka marilah kita selalu memberikan yang terbaik tentunya untuk si kecil, kita awali dengan selalu menjaga kebersihan di rumah, menjaga kesehatan anggota keluarga lainnya agar si kecil tidak tertular penyakit, kemudian memberikan asupan dengan gizi yang seimbang dan juga bergizi, kemudian juga dapat mendukung si kecil agar tidak terbebani dengan penyakitnya.

Dalam rangka mendukung keberhasilan pengobatan pada kanker anak, maka kita harus dapat segera mengenali gejala-gejala pada kanker anak.

Apabila ayah bunda sobat IHC memiliki pertanyaan, maka segera jadwalkan jadwal konsultasi, Ayah Bunda sobat IHC ke call Center 15042.

Salam Sehat.