SKRINING COVID-19 (SWAB PCR & RAPID TEST)

Tes untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab Covid-19 menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction), atau biasa disebut dengan tes swab. Selain itu, ada pula metode rapid test

1. Jenis sampel

Pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan, sedangkan pemeriksaan rapid test yang ada di Indonesia, dilakukan menggunakan sampel darah.

2. Cara kerja

Rapid test mendeteksi virus dengan mengukur kadar antibodi IgG dan IgM yang ada di dalam darah yang terbentuk di dalam tubuh saat mengalami infeksi virus. Jika terinfeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah. Hasil rapid test dengan sampel darah tersebut dapat segera dilihat hasilnya dalam waktu 10-15 menit

Namun demikian rapid test lebih dianjurkan untuk skrining awal. Orang dengan hasil rapid testnya reaktif, perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorokan atau hidung. Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, saat ia masuk ke tubuh. Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab Covid-19) di tubuh seseorang.

Pemerisakan Rapit Test atau Swab PCR ini bisa dilakukan dari bayi sampai orang dewasa. Pemeriksaan di Rumah Sakit PELNI dilakukan oleh tim tenaga ahli profesional yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat dan tenaga analis medis.

Hasil pemeriksaan bisa didapat mulai dari 1×24 jam tergantung dari jenis paket pemeriksaan yang dipilih.

Layanan Swab PCR & Rapid Test dapat dilakukan di Rumah Sakit PELNI dengan cara :

  • Drive Thru pada hari Senin-Minggu pada pukul 08.00-20.00 WIB
  • On Site (di Lokasi tempat yang anda pilih) dapat dilaksanakan pada Hari Senin-Sabtu dengan perjanjian

Untuk pendaftaran dapat diakses melalui :

Whats App : +62 877-2237-9190

Google Form : https://bit.ly/2xTzjId