Brakiterapi Sebagai Penanganan Kanker Serviks

Halo perkenalkan saya dokter Sinta, dokter spesialis onkologi radiasi Rumah Sakit PELNI Jakarta

Apa yang dimaksud Brakiterapi?

Brakiterapi adalah salah satu jenis radioterapi yang digunakan untuk mengobati kanker dengan cara meletakkan sumber radioaktif baik di dalam maupun di dekat sel tumor.

Apa perbedaan Radioterapi Eksterna dengan Brakiterapi?

Perbedaan radioterapi eksterna dengan Brakiterapi adalah pada radioterapi eksterna radiasi ditembakkan dari jarak tertentu dari permukaan tubuh sedangkan pada Brakiterapi sumber radioaktif diletakkan mendekati sel tumor.

Bagaimana proses radioterapi pada kasus kanker serviks?

Pada umumnya pasien dengan kasus kanker serviks akan menjalani satu rangkaian radioterapi berupa radioterapi eksterna dan brakiterapi. Kedua modalitas terapi ini diberikan untuk saling melengkapi dalam sebuah rangkaian radioterapi dengan tujuan untuk mematikan sel tumor baik di lokal maupun regionalnya.

Apakah kanker serviks sudah bisa ditangani di RS PELNI?

Saat ini instalasi onkologi radiasi Rumah Sakit Pelni telah memiliki fasilitas radioterapi eksterna dan Brakiterapi sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang holistik pada pasien-pasien khususnya untuk pasien-pasien dengan kasus keganasan sistem reproduksi kewanitaan, seperti kanker serviks, kanker endometrium, kanker vagina, kanker pulpa dan sebagainya

Demikian penjelasan dari saya salam sehat.