Layanan Program Hamil bisa didapatkan di Rumah Sakit PELNI

Pagi semuanya, Saya dokter Ryan Hari Kurniawan Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi dari rumah sakit Pelni Petamburan Jakarta.

Dok, apa itu infertilitas?

Yang dimaksud dengan fertilitas atau gangguan kesuburan adalah tidak datangnya kehamilan setelah 1 tahun menikah berhubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan kontrasepsi.

Kapan suami istri yang berencana memiliki anak harus melakukan program hamil?

Sebagian besar pasangan suami istri akan hamil setelah menjalani 1 tahun masa perkawinan, itu yang terjadi pada umumnya, artinya Ayah Bunda jika sudah melewati 1 tahun masa perkawinan dan juga tidak ada kehamilan maka Itulah saatnya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Apa yang harus dipersiapkan seblum melakukan program hamil?

Ayah Bunda perlu persiapan, salah satunya mulai dari pengetahuan, bisa mencari tahu lewat informasi yang akurat, serta melakukan modifikasi perubahan gaya hidup seperti menjaga pola makan, aktivitas fisik yang baik dan juga hubungan seksual yang rutin kira-kira dua sampai tiga kali seminggu.

Bagaimana menentukan program hamil yang tepat?

Penanganan yang tepat akan ditentukan setelah Ayah Bunda melakukan pemeriksaan, akan dicari tahu apa yang menjadi penyebab gangguan kesuburan, Apakah faktor suami atau istri. Nanti dokter spesialis kandungan akan mengarahkan Ayah Bunda. Program hamil apa yang paling baik? Apakah hamil alami atau sampai dengan inseminasi, bahkan Ayah Bunda juga bisa menjalani bayi tabung jika terjadi kondisi yang berat.

Apa saja masalah kesehatan yang menghambat kehamilan?

Untuk mencari penyebab masalah yang sebagian penyebab adalah faktor laki-laki atau faktor suami dimana kualitas dan jumlah sperma nya kurang baik sehingga kemampuan membuahi sel telurnya cukup rendah atau juga dari faktor istri sebagian besar faktor istri mengalami masalah gangguan kematangan telur ataupun ada gangguan di rahim seperti polip atau mioma atau kista misalnya atau gangguan saluran telur atau gangguan tuba. Maka dari itu Ayah Bunda periksakan ke dokter kandungan untuk mencari tahu apa penyebab infertilitas Ayah dan Bunda.

Apa ciri-ciri dari seseorang mengalami gangguan kehamilan?

Bisa saja, misalnya Bunda mengalami gangguan haid atau haid yang tidak teratur, siklusnya jarang atau Bunda mengalami perdarahan haid di luar yang wajar, misalnya Bunda mengalami juga nyeri saat datang haid diluar kewajaran, maka mungkin itu bisa menjadi petunjuk atau tanda awal bunda akan mengalami infertilitas. Maka jika ada keluhan itu Bunda dan Ayah bisa segera periksa ke dokter kandungan untuk mengkonfirmasi dengan pasti.

Pada Ayah Bunda yang sudah menjalani masa perkawinan 1 tahun dan juga tidak kunjung hamil maka bisa periksa ke ahlinya, ke profesional, dokter spesialis kandungan untuk mengetahui masalah kesuburan apa yang mungkin ada pada Ayah Bunda dan segera mendapatkan penanganan yang terbaik

Demikian edukasi dari saya dokter Ryan Hari Kurniawan dari Rumah Sakit Pelni.

Salam sehat.