Bebas Kanker Dengan Radioterapi

Halo sobat IHC, perkenalkan nama saya Dr. Sinta, spesialis onkologi radiasi dari Rumah Sakit Pelni, pada kesempatan kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan seputar radioterapi.

Dok radioterapi itu apa sih?
Radioterapi adalah salah satu modalitas terapi untuk pengobatan kanker. Pada radioterapi kami menggunakan radiasi dengan energi tinggi untuk mematikan sel kanker, jadi kegunaan radioterapi adalah mematikan sel kanker dan mencegah kekambuhan yang dapat terjadi pada pasien-pasien kanker.

Dok, bener ga sih seluruh kanker dapat sembuh dengan radioterapi?
Dari seluruh pasien yang didiagnosis kanker, sebanyak 60% di antaranya membutuhkan radioterapi sebagai modalitas terapinya, contoh-contoh kasus yang membutuhkan radioterapi itu misalnya ada kanker payu dara, kanker serviks, kanker nasofaring, kanker rektum, limfoma dan masih banyak yang lainnya.

Dok, radioterapi itu sakit dan ada efek sampingnya ga sih?
Jadi radiasi itu merupakan zat yang tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna. Oleh karena itu, penggunaan radiasi keamanannya sangat diatur baik oleh negara maupun oleh badan atom dunia, sehingga sebelum diberikan radioterapi itu harus dinyatakan aman, baik untuk pasien maupun untuk lingkungan. Namun, walaupun sudah dinyatakan aman, masih mungkin terjadi efek samping akibat radiasi, contohnya ada kulit kemerahan, kulit terasa perih, maupun terjadinya sariawan pada radiasi kanker kepala leher.

Segitu dulu bincang-bincang kita mengenai radioterapi, Salam Sehat