Mengenal Kanker Endometrium

Kanker endometrium ini sangat tergantung pada lifestyle juga di mana sekarang sudah makin mudah memperoleh makanan sehingga banyak yang beratnya berlebih atau overweight bahkan sampai mencapai obesitas. Hipertensi, Diabet merupakan faktor-faktor yang mempermudah terjadinya kanker endometrium.

Selamat pagi Sahabat Rusni, saya Hariyono Winarto, saya profesor ginekologi onkologi, saya berpraktik di Rumah Sakit Pelni

Kanker endometrium adalah suatu kanker yang mengenai lapisan paling dalam dari rahim, jadi lapisan yang biasanya  adalah lapisan yang naik turun, jadi lapisan yang tebal terus tipis  dan lapisan yang menghasilkan haid itu yang terkena kanker.

Gejala yang timbul adalah perdarahan, karena memang lapisan endometrium itu adalah lapisan yang sangat dinamis, dia menebal lalu dia menipis pada sesudah haid, jadi dia menipisnya karena dia meluruh pada saat haid dan gejalanya adalah perdarahan, biasanya pada wanita-wanita yang pasca menopause, jadi yang sudah berhenti haid, tapi jangan lupa bahwa kanker endometrium ini juga bisa mengenai wanita yang belum menopause tentunya juga perdarahan tapi perdarahannya di luar haid.

Sebenarnya kanker endometrium itu bukan disebabkan karena virus papiloma manusia atau human papiloma virus. Jadi tidak bisa dicegah dengan vaksin HPV. Vaksin HPV itu digunakan untuk mencegah kanker yang disebabkan karena virus papiloma manusia atau human papiloma virus. Yang paling sering terkena kalau pada wanita itu organnya adalah leher rahim, jadi kalau pada kanker endometrium biasanya bukan karena virus itu tetapi biasanya karena ada masalah di metabolik, jadi penyakit itu memang makin lama, makin banyak di zaman sekarang, karena makin banyaknya orang yang overweight atau obesitas, sehingga ada hipertensi, ada diabet yang itu semuanya bisa memicu terjadinya kanker endometrium.

Marilah kita menjaga pola hidup kita, makan secukupnya saja, yang penting gizinya baik, olahraga Jangan lupa dan tentunya juga cukup istirahat, hindari stres.

Demikian informasi dari saya untuk semua sahabat Rusni, salam sehat.