Ke Rumah Sakit Tanpa Rasa Cemas

Di masa Pandemi Covid-19 saat ini tidak sedikit masyarakat yang merasa kuatir dan cemas terhadap infeksi virus Corona. Virus ini bisa ada dimana saja, bahkan setiap orang bisa saja menjadi Carrier atau yang kini lebih dikenal dengan istilah OTG (Orang Tanpa Gejala) yaitu orang yang sebenarnya sudah terjangkit Virus Corona namun tidak menunjukkan gejala apapun, tetapi orang tersebut dapat menularkan ke orang lain yang lebih rentan. Oleh karena itu Rumah Sakit PELNI berusaha memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang telah dituangkan dalam berbagai brosur edukasi Rumah Sakit PELNI antara lain; Pentingnya mandi dan mengganti baju setelah berpergian, Penggunaan Masker, Physical Distancing, hingga Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja.

Selain kampanye protokol kesehatan yang selalu disampaikan, Rumah Sakit PELNI juga menerapkan Protokol Kesehatan terkait Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Rumah Sakit PELNI agar dapat memberikan layanan kesehatan yang aman di rumah sakit  dan memberikan rasa nyaman bagi pasien dan keluarga untuk tetap menjalani layanan kesehatan di rumah sakit tanpa rasa cemas. Protokol Aman di rumah sakit yang dijalankan RS PELNI antara lain:

  1. Menerapkan seluruh kawasan rumah sakit sebagai Kawasan Wajib Masker.
  2. Menskrining suhu tubuh pasien dan pengunjung bahkan juga karyawan yang datang ke rumah sakit, dimana pasien/pengunjung/karyawan dengan kondisi demam akan dipisahkan layanan kesehatannya di Poli Demam yang terletak di gedung lainnya.
  3. Menerapkan “Physical Distancing” pada setiap proses layanan, misalnya antrian pendaftaran baik di loket maupun di mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM), antrian dan posisi di dalam Lift, posisi duduk di ruang tunggu pelayanan.
  4. Penyediaan cairan disinfeksi yang tersebar di beberapa titik lokasi di dalam maupun di luar gedung, penyediaan tempat cuci tangan di area parker.
  5. Pembersihan berkala pada seluruh fasilitas yang ada di rumah sakit dengan penyemprotan cairan disinfeksi
  6. Meniadakan jam kunjungan bagi pasien rawat inap

Dr. Didid Winnetouw, MPH selaku Kepala Divisi Pengembangan dan Pemasaran Rumah Sakit PELNI menyebutkan “Protokol keamanan dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit PELNI di era Covid-19 ini menjadi tanggung jawab penuh manajemen, sehingga kami berusaha senantiasa memberikan layanan kesehatan yang aman dan nyaman untuk pasien dan keluarga maupun pengunjung rumah sakit, sehingga mereka bisa tetap berkunjung ke rumah sakit tanpa rasa cemas dan ragu.”

Social Share